artikel profesi apoteker dan asisten apoteker

 

Nama : Dzurriatul maghfiroh

Prodi : farmasi

Pengertian Profesi Asisten Apoteker dan apoteker

Deskripsi Pekerjaan adalah suatu pernyataan tertulis yang telah ditetapkan tentang segala sesuatu yang harus dilaksanakan, tatacara pelaksanaan oleh seseorang pemegang jabatan. Namun untuk saat ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Pekerjaan Asisten Apoteker.
Asisten Apoteker adalah Profesi Pelayanan kesehatan di bidang Farmasi yang bertugas sebagai pembantu tugas Apoteker dalam pekerjaan kefarmasian. Asisten Apoteker sering disebut sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian. Asisten Apoteker wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK). STRTTK adalah bukti tertulis yang diberikan oleh Menteri kepada Tenaga Teknis Kefarmasian yang telah diregistrasi, Asisten Apoteker juga memiliki Surat Izin Kerja Tenaga Teknis Kesehatan atau SIKTTK.

 

apoteker merupakan orang yang terdepan di apotek, bertanggung jawab dalam pengelolaan apotek mulai dari manajemen pengadaan, pelayanan, administrasi, manajemen SDM serta bertanggung jawab penuh dalam kelangsungan hidup apotek.Manager, artinya apoteker mampu mengelola apotek dengan baik dalam hal pelayanan, pengelolaan manajemen apotek, pengelolaan tenaga kerja dan administrasi keuangan. Untuk itu Apoteker harus mempunyai kemampuan manajerial yang baik, yaitu keahlian dalam menjalankan prinsip-prinsip ilmu manajemen. Life long learner, artinya apoteker harus terus-menerus menggali ilmu pengetahuan, senantiasa belajar, menambah pengetahuan dan keterampilannya serta mampu mengembangkan kualitas diri. Teacher, artinya apoteker harus mampu menjadi guru, pembimbing bagi stafnya, harus mau meningkatkan kompetensinya, harus mau menekuni profesinya, tidak hanya berperan sebagai orang yang tahu saja, tapi harus dapat melaksanakan profesinya tersebut dengan baik. Researcher, artinya apoteker berperan serta dalam berbagai penelitian guna mengembangkan ilmu kefarmasiannya. Enterpreneur, artinya apoteker diharapkan terjun menjadi wirausaha dalam mengembangkan kemandirian serta membantu mensejahterakan masyarakat.

Sebagai tambahan, WHO memberikan konsep fungsi dan tugas Apoteker sesuai dengan kompetensi Apoteker di Apotek yang dikenal dengan Nine Stars Pharmacist, yaitu: Care giver, artinya apoteker dapat memberi pelayanan kepada pasien, memberi informasi obat kepada masyarakat dan kepada tenaga kesehatan lainnya.Decision maker, artinya apoteker mampu mengambil keputusan, tidak hanya mampu mengambil keputusan dalam hal manajerial namun harus mampu mengambil keputusan terbaik terkait dengan pelayanan kepada pasien, sebagai contoh ketika pasien tidak mampu membeli obat yang ada dalam resep maka apoteker dapat berkonsultasi dengan dokter atau pasien untuk pemilihan obat dengan zat aktif yang sama namun harga lebih terjangkau.Communicator, artinya apoteker mampu berkomunikasi dengan baik dengan pihak eksternal (pasien atau konsumen) dan pihak internal (tenaga profesional kesehatan lainnya). Leader, artinya apoteker mampu menjadi seorang pemimpin di apotek. Sebagai seorang pemimpin,

Dari penjelasan di atas kita bisa melihat bahwa ternyata prospek seorang lulusan farmasi untuk mendapat lapangan pekerjaan sekaligus mengabdikan diri kepada masyarakat tidak sekedar pada satu tempat di apotek atau rumah sakit saja tapi bisa lebih luas dari itu.Namun sejalan dengan peluang yang ada, muncul pula tantangan tersendiri bagi lulusan dan peguruan tinggi farmasi. Selain yang telah disebutkan di awal, bahwa masih banyak yang belum mengenal apa itu sebenarnya ilmu Farmasi termasuk peluang pekerjaan apa saja yang tersedia bagi lulusan lulusan farmasi tersebut.Maka di sinilah perlunya sosialisasi kepada masyarakat umum tentang pentingnya kehadiran seorang farmasis yang sebenarnya memiliki andil penting serta tanggung jawab dalam bidang kesehatan. Bukan hanya sebagai pendamping dokter sebagai penanggung jawab obat-obatan untuk pasien semata. Sehingga harapannyadapat menarik minat terutamanya dari kaum muda untuk memasuki jurusan farmasi. Selain prospek kerjanya yang masih sangat luas, juga karena lulusan farmasi indonesia khususnya yang menjadi Apoteker masih sangat kurang.

Daftar pustaka :

www.kompasiana.com/irmawidiastari/menguak-peranan-apoteker-di-masyarakat_

http://www.situsmedis.com/2017/05/pengertian-tugas-dan-tanggung-jawab.html

 

https://infomahasiswa.com/mengenal-jurusan-farmasi-dan-prospek-kerjanya/

 

 

 

Iklan

Penulis: dzurriatul

jadilah seperti matahari yang selalu bersinar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s